Get cash from your website. Sign up as affiliate.

Selasa, 04 Mei 2010

10 Tips untuk Menyederhanakan Hidup Anda

Ngerasa hidup Anda monoton, ribet dan membosankan? Mungkin sudah waktunya untuk berganti ke pola hidup sederhana sehingga Anda bisa menikmati sisa hidup di dunia ini.

Ada banyak sekali cara untuk menyederhanakan hidup Anda, tapi berikut ini ada 10 cara sederhana yang bisa Anda terapkan mulai hari ini sehingga Anda tidak perlu lagi menunggu seminggu, sebulan bahkan setahun yang akan datang untuk menikmati hidup.


Anda tidak perlu mengerjakannya semua sekaligus. Pilih 1 kegiatan dulu untuk ditindaklanjuti. Kalau belum berhasil, jangan putus asa. Coba tips lain, atau cari cara sendiri untuk mengurangi keribetan dalam hidup Anda.

1. Buat daftar hal terpenting dalam hidup Anda
Ambil selembar kertas kecil, seukuran kartu kredit dah cukup. Tuliskan 4 atau 5 hal yang merupakan hal paling penting dalam hidup Anda and bawa potongan kertas ini kemana saja Anda pergi. Di saat Anda bingung menentukan prioritas, cukup lirik kertas ini sehingga Anda bisa langsung diingatkan apa sih hal paling penting dalam hidup Anda. Dompet merupakan tempat terbaik untuk menyimpan kertas contekan ini.

2. Kosongkan 1 laci atau lemari
Tentukan 1 hari di minggu ini untuk mengosongkan 1 lemari atau laci milik Anda.Cukup pilih 1 lemari dan keluarkan semua isinya. Pilah barang-barang yang ada di dalamnya dan sisihkan barang yang sudah lebih dari 1 ato 2 bulan tidak Anda gunakan. Sumbangkan barang tersebut atau buang ke tong sampah seandainya memang tidak bisa digunakan oleh orang lain lagi. Percaya deh, lebih sedikit barang yang Anda punyai, hidup anda juga akan lebih simpel.

3. Berhenti dari 1 komitmen Anda
Tiap orang pasti punya komitmen di tempat lain. Misalnya, ikut organisasi tertentu, ikut arisan ini itu, ngantar anak ke sekolah, jadi ketua RT, jadi aktivis di sana sini. Kalau kegiatan-kegiatan ini menyita banyak waktu tapi tidak memberikan kepuasan atau manfaat yang sebanding bagi Anda, sudah waktunya Anda berhenti dari kegiatan itu. Segera cari orang yang bisa menggantikan Anda atau bayar orang lain untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Waktu Anda seharusnya jauh lebih berharga ketimbang uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan sedikit waktu kosong dalam hidup Anda.

4. Tentukan limit untuk rutinitas Anda
Percaya gak, kegiatan browsing di internet, chatting dan mengecek email merupakan kegiatan yang paling mendominasi jam kerja pegawai di seluruh dunia saat ini. Apakah anda berlangganan ke lebih dari 1 mailing list? Jika ya, bisa dipastikan Anda termasuk orang yang mengecek email Anda lebih dari 1 kali dalam sejam. Saya sendiri berlangganan ke lebih dari 10 mailing list, kalo lagi di jalan koneksi ke mailing list gak berhenti. Semua email diforward ke hp. Kalo diitung-itung kasar, mungkin dalam sehari saya bisa ngabisin sekitar 2 ato 3 jam hanya untuk membaca ratusan bahkan ribuan email dan membalasnya. Sudah waktunya untuk membatasi hal ini. Saya sekarang membatasi diri saya untuk mengecek email dari mailing list maksimal 3 kali sehari. Biasanya waktunya sekitar setengah jam setiap periode. Saya mendapatkan 1,5 jam ekstra setiap hari untuk melakukan hal lain yang lebih produktif dan berguna untuk masa depan saya.

5. Sederhanakan Todo List Anda
Berapa kegiatan yang ada di daftar todo list Anda? 7 atau 10 kegiatan per hari? Wow, banyak sekali! Kurangi daftar kegiatan Anda dalam sehari, cukup cantumkan 3 atau 5 kegiatan penting saja di daftar todo list Anda. Singkirkan kegiatan rutin dari todo list sehingga Anda bisa mengetahui apa sih prioritas Anda setiap harinya. Kerjakan prioritas itu dahulu sebelum mengerjakan hal-hal rutin lainnya, seperti mengecek email atau surfing di internet.

6. Kosongkan waktu Anda
Berapa banyak waktu yang Anda dedikasikan minggu lalu bagi diri Anda sendiri untuk berpikir atau merenung? Kurang dari sejam atau bahkan tidak ada sama sekali? Mulai minggu ini Andasebaiknya menyisihkan 1 ato 2 jam setiap minggu bagi diri Anda sendiri. Anda bisa menggunakannya untuk memikirkan ulang rencana hidup Anda atau menyusun rencana untuk minggu yang akan datang. Gunakan waktu itu untuk menyegarkan pikiran Anda dari rutinitas harian Anda yang mungkin membosankan.

7. Bersihkan meja kerja
Meja kerja yang berantakan akan mengakibatkan pikiran Anda sulit berkonsentrasi. Ujung-ujungnya, pekerjaan Anda akan lebih lama beresnya. Bersihkan meja kerja Anda sekarang, simpan buku-buku, surat serta folder-folder yang tidakdiperlukan sekarang di laci yang tersedia.

8. Kosongkan inbox email Anda
Godaan terbesar setiap kali nekan tombol alt+tab and nyinggah di software email Anda adalah angka yang menunjukkan jumlah email yang belum terbaca. Setiap kali Anda menggunakan periode baca email Anda, segera kosongkan email Anda atau lebih baik lagi, tutup software email Anda sampai periode berikutnya.

9. Berubahlah menjadi siput
Kecuali saat berolahraga, bergeraklah lebih lambat. Makan lebih lambat, nikmati setiap suap makanan yang Anda makan hari ini. Udah bayar mahal-mahal masa cuma numpang lewat di mulut aja. Ngomong lebih lambat, supaya orang lebih gampang mengerti. Berjalanlah lebih lambat, nikmati pemandangan atau suasana yang ada di sekitar Anda.

10. Tinggalkan multi tasking
Otak kita emang dirancang untuk mampu memikirkan beberapa hal sekaligus, tapi tidak untuk mengerjakan beberapa hal sekaligus. Anda bukan komputer super kuat yang bisa mengerjakan beberapa tugas sekaligus secara sempurna. Kualitas pekerjaan Anda pasti akan menurun kalau Anda bergelut di dalam beberapa tugas pada waktu bersamaan. Tinggalkan kebiasaan ini dan hanya kerjakan 1 kegiatan aja dalam suatu waktu.

0 komentar:

silvanamails.net boss-mails.com

Tukeran Link

20000 Visitors for $19.90
Get more customers.Increase traffic. Pay just $0.001 for each visitor...
Click Here...
Template by : jawa tulen rcajib.blogspot.com